Thursday, September 25, 2008

jadilah terang!

entah napa gw selalu diintimidasi tuhan buat ngebagiin ini,,
dan akhirnya ada juga waktu luang buat ngeblog,,
well,,
semoga posting ini bisa menginspirasi kalian,,
semoga jadi alatnya tuhan buat ngingetin kita di jalannya...

sebagai anak2 tuhan,,
kita kudu jadi terang buat temen2 di sekitar kita,,

"demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan bapamu yang di sorga." (mat 5:16)

tapi,,
bagaimana caranya jadi terang?
yg jelas gak perlu beli bohlam dulu koq,,
since badan kita bukan sumber listrik..
(yah mulai dah si admin jayus..)

yg gw tau dri firman tuhan dan pemahaman gw,,
ada 2 hal penting yg mesti diperhatiin kalo mw jd terang (selain bohlam),,

1. jangan di tempat yg terang

"bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit." (mat 9:12b)

umm,,
kita tentunya menjadi terang untuk menuntun orang kembali ke jalan tuhan,,
tapi,,
kalo orang itu emang udah sesuai dengan jalan tuhan,,
ngapain dituntun lagi?
mereka orang sehat,,
sedangkan yang memerlukan kita (untuk menjadi terang bagi mereka) adalah orang sakit..

siapakah orang sakit itu?
orang yang jauh dari tuhan,,
yg belom kenal tuhan,,
mereka memerlukan kita!

jadi,,
buat apa jadi terang di tempat yg udah terang,,
satu bohlam gada artinya di antara 1000 bohlam,,
tp ia sangat berarti saat gada bohlam laennya di dalam kondisi gelap...

dimana tempat yg gelap?
komunitas yg orang2nya banyak yg belom kenal tuhan,,
bagi kita2 neh,,
yg paling gampang emang sekolah..

nah,,
gw bersyukur neh tuhan tempatin gw di sekolah yg skarang ini,,
dimana kristen bukan agama mayoritas,,
di sini gw merasa bagaimana rasanya being a christian,,
menjadi terang di tengah2 gelap (gak semuanya gelap sih..),,
sometimes tuhan emang ngizinin kita di luar comfort zone kita,,
itulah yg gw rasakan pas gw baru masuk sekolah ini,,
gw bertanya2 napa tuhan tempatin gw di sini,,
tapi akhirnya gw tau kalo tuhan pengen gw menjadi terang di sana,,
di mana banyak orang yg membutuhkan terang itu,,
kalo gw tetep di sekolah kristen,,
mungkin gw ga bisa jadi terang,,
karena mereka udah terang..

well,,
masalah sekarang gw udah jadi terang apa belom itu tergantung pendapat kalian..hhe,,
gw sih berusaha supaya bersinar sebagai anak tuhan..

2. bagaimana jadi terang?

"celakalah kamu, hai ahli-ahli taurat dan orang-orang farisi, hai kamu orang-orang munafik, karena kamu menutup pintu-pintu kerajaan sorga di depan orang.sebab kamu sendiri tidak masuk dan kamu merintangi mereka yang berusaha untuk masuk." (mat 23:13)

emang gak gampang jadi terang,,
kita harus berusaha seperfect mungin di hadapan dunia,,
dan hal ini emang susah..

mungkin kita ga bisa banyak berbuat baik,,
tapi jadi terang itu bukan cuma berbuat baik doank koq,,
dengan gak berbuat dosa (di mana ada celah untuk itu) aja kita udah bisa jadi terang,,
dunia melihat kalo tuhan kita membimbing kita sehingga gak menyimpang dari jalan-nya...

maka itu,,
jangan malu2in tuhan,,
jangan jadi contoh yg jelek di hadapan dunia..

intinya,,
jangan munafik!
orang tau kalo kita rajin ke gereja,,
aktif pelayanan,,
pake atribut2 kristiani,,
tapi perilakunya malu2in,,
pacaran yg gak kudus (yg gak enak diliat),,
gak peduli ama orang laen,,
kata2 kasar,,
itu yang bikin dunia mikir:
"tuh orang kristen yg rajin aja masih gitu kelakuannya"
gimana mereka mau percaya?!

well,,
marilah kita bersama2 berusaha buat jd terang buat orang di sekitar kita,,
peka akan rencana tuhan dalam hidup kita,,
percayalah,,
tuhan gak ciptain kita sia2!
tuhan gak ngasal tempatin kita di sini,,
yg mungkin di luar comfort zone kita,,

semuanya indah cui!
JB^^

[tidak dikutip dari khotbah manapun]



1 comment:

ESL BloG said...

hmm...setelah keluar dari sekolah maupun universitas, lebih terlihat apakah seseorang adalah garam dunia atau terang dunia...tepatnya, lebih sulit untuk menjadi garam dunia dan terang dunia, but however..He said,nothing's impossible, right?!